March 8, 2009

Pameran Gaptek


Sunday, 01 March, 2009


Seberapa gaptek gw? Gw boleh bilang...gaptek pisan. Gw masih inget dulu diketawain karena gak tau gmna cara pake itu pensil mekanik (apa pun itu namanya), yang jelas itu pensil gak di raut (gak kyak pinsil yang biasa gw pake nyalin tulisan guru ngaji gw), itu pinsil tipis, katanya lebih sering dipake buat gambar teknik. Dan gw baru tau ada pensil mekanik pas kelas-2 SMA. Yang berarti kelas satu SMA gw masih nge-raut pensil. Yah..mana ada pensil mekanik ke SMP gw yg nun jauh di kaki gunung Sawal. Tau gunung sawal gak? Cari dulu di peta, saking gak terkenalnya atau saking terpencilnya.
Gw juga diketawain pas kelas-2 SMA maen ke rumah temen gw, dan gw takut deket2 piano. Mereka bukan ketawa karena gw gak bisa maen piano, tapi ketawa karena gw takut kesetrum ama piano. Mnurut gw (kelas 2 SMA), piano itu full electrical device.
Udah deh, ngelantur nih mulai. Intinya gw gaptek, dan gw selalu gaptek. Jadi ketika weekend kemaren diajak ke pameran komputer di jakarta, barulah gw tau kalo pameran komputer zaman sekarang berarti pameran laptop berbagai merek, dan juga pameran berbagai jenis printer, ditambah alat-alat fotografi alias per-kamera-an. Jangan tanya soal kamera, ini gw gak hobi (karena g mampu beli kamera SLR), dan ke gak-hobi an gw musti diketawain ama tmen2 gw(baca: kaka Gorgor dan Mba Fit), karena gw ikut2an ngerumunin ngambil foto cewek model yang lagi dijadiin objek jepreten para fotografer yang pake kamera SLR dgn lensa canggih2..smentara gw pake kamera handphone aja...(padahal gw pede karena temen gw bilang kamera handphone gw bagus, udah 3 mega pixel)...
Tapi terus terang, kalo kita gak mau gaptek melulu, atau mau update sedikit perkembangan teknologi, datanglah ke pameran. Itu yang gw lakukan, berikut yang gw bisa sharing ya..(biasalah sharing versi gw):

1. Pameran berarti ada berbagai merek dengan berbagai spec. Jadi kalo mau tau gmna canggih nya netbook BenQ, Acer, Lenovo, Toshiba, MSI, Axioo, DELL, Sony dan lain-lain, tinggal nongkrong aja biar dapat penjelasan detail. Biar lebih seru, sekalian aja tunjukkin selebaran dari competitor..nanti mereka bisa ngejelasin dan ngejelek2in merek lain(terjemahkan sebagai memberi opini/review competitor). Misalnya yg jaga booth di Merek A bakal sungut2 ngejelasin kelebihan produk A dan dengan se enaknya ngejelek2in produk B...kalo mau lebih objektif, tinggal pindah ke booth merek B dan tanya kebalikannya. Tapi harus ingat, jangan ngadu domba-in, apalagi ampe ngasih nama kompetitor, ntar bisa2 ada lempar2an laptop antar booth pameran. Dan kalo mo dpat penjelasan bener2 tanya ama yang keliatan "geeky silicon valley" punya style..kalo ama yang kren2 (SPG cantik2 itu) paling2 di senyumin doang, ditanya ini baterenya berapa cell? pasti dia kelimpungan, lgsung cari back up-an. Tapi ya kalo mau sedikit hiburan boleh2 juga deket2in SPG, tapi tanya-nya simple2 aja..harganya berapa? kalo yang ini warnanya apa aja? garansi gak? pokoknya pertanyaan2 gak penting...seperti gak pentingnya kita nanya2..
2. Pameran berarti banyak orang, kalo kita ketauan melakukan pertanyaan bodoh kita gampang kabur/pergi, dan menyelinap ke kerumunan tanpa diketahui, asal jangan deket-deket pojok yang sama aja. Kayak gw nanya, "Mas ini harddisk-nya berapa GigaHertz ya?", atau "Ini Netbook ada DVD-RW nya kan?", nah kalo pertanyaan2 itu keluar dan mendapat renyutan dahi sambil sunggingan sinis senyum dari yang jaga booth, segeralah kabur karena dia kebingungan gmna ngejawab tanpa nunjukkin betapa bodohnya calon customer nya, dan kalo gak kabur pun "you're busted" as "oot" master. Ngerti kan? Nggak ngerti...coba aja tanyain itu ke temen yang jago komputer...end wellcome to the club.

3. Pameran berarti banyak diskon, jadi kalo suka diskon ini saatnya tawar-menawar berlaku. Satu brand itu bisa dari berbagai retailer, atau wholeseller, kecuali emang mereka udah matok harga pas di selebaran sebagai harga resmi, kadang ada yang ngasih tawaran 100rb atau 200rb lbh murah. Jadi jangan ragu nawar, atau minta tambahan bonus, minta soft case laptop, minta payung atau apapun.

anyway...meski gw pegel2 banget dan kpanasan..pengetahuan gw nambah dikit, dan dengan seribu satu pertimbangan: setelah melakukan direct observation soal spec netbook (yg kurang lebih sama aja), style (sisi artistic itu perlu meski dalam urusan techno...netbook yg terlalu bulky dan gak handy, gak ergo udah gak zaman lagi), budget controlling (duit terbatas), sama sesain ama fungsi alias keperluan kita...dan call a geek-friend (yang ga mau dibilang geek) for some references..akhirnya gw mutusin beli Dell Mini 9...Mudah2an ini bisa sedikit ngurangin gaptek gw soal Netbook atau perkomputer-an.

2 comments:

Life in Adorable (L.I.A) Fab Story said...

KL...
kok bisa beli laptop??
Dah gak ada keluhan "Gw lagi kere..."

Ka-el said...

@ LIA. Hehe...kredit card :) ya, ada sedikit insentif juga dgn gw kseringan di backwood..hehe..