September 1, 2009

Ramadhan Berbagi bersama LaaTahzan







LaaTahzan bagi gw udah kayak keluarga kedua. Meski emang secara wujud adalah wadah pengajian. Tapi kekeluargaan di LaaTahzan (bagi gw) ngelebihin batas sekedar wadah pengajian. Komunitas yang hampir semuanya anak-anak perantauan jakarta, menyatu karena persamaan kebutuhan, kebutuhan akan ilmu; lebih tepatnya mengkaji Al Quran. Di bawah asuhan Ustad Muhammad Rusli Malik, dan Ibu Hetty Rusli, anak-anak LaaTahzan seolah menemukan rumah kedua di perantauan. Selain mesjid departemen koperasi, tempat kita mengkaji Al Quran saban minggunya, Rumah ustad Rusli, di Limus Pratama Bekasi, seolah menjadi rumah bersama kami, rumah kedua kami.
Bukan hal aneh lagi, kalo Rumah Ustad Rusli lama-lama seolah jadi base camp tempat aktivitas LaaTahzan. Alhamdulillah, komunitas LaaTahzan dalam usianya yang relatif muda, sudah mampu bertransformasi untuk menjadi lebih dari sekedar komunitas belajar Al Quran tapi juga komunitas berkarya dan berbagi. Sesuai dengan slogan kami Belajar – Berkarya – Berbagi.





Dalam setaun acara rutin seperti pengelolaan hewan qurban berikut pembagiannya, program anak-asuh, distribusi sembako, mabit, sampai dengan rekreasi bersama setidaknya berjalan satu kali. Tempat Pembuangan Sampah Bantar Gebang, menjadi salah satu fokus perhatian kita. Dimana perbaikan melalui pendidikan adalah misi kita, sedemikian anak-anak putus sekolah atau anak-anak usia wajib sekolah di daerah ini sebisa mungkin kami bantu, meskipun masih secara berkala (setidaknya dua kali dalam setaun; idul adha dan ramadhan). Anak-anak pemulung ini sebisa mungkin harus tetep mengenyam pendidikan, jika kita menginginkan perubahan atau perbaikan agar tidak lagi menjadi pemulung seperti orang tua mereka. Kita sadar, bahwa itu bergantung ke motivasi mereka sendiri. Oleh karena itu, sebisa mungkin LaaTahzan tetep fokus seolah menjadi kakak pembina bagi mereka seiring berjalannya waktu.
Terasa berat ketika setaun lalu harus jauh dari elte (LT; begitu kita biasa panggil, kependekan dari Laa Tahzan), gara-gara harus tugas di balikpapan. Makanya cita-cita banget nih pengen bikin komunitas LaaTahzan jarak jauh. Rekaman-rekaman pengajian di podcast atau di rapidshare melalui dunia maya, biar jangkauan ceramah-ceramah Ustad Rusli Malik semakin luas. Mudah-mudahan ini cita-cita terlaksana, karena dengan ini insya Allah dakwah bisa menembus ruang dan waktu. (personally, ini bakalan ngebantu obat rindu sama elte).
Alhamdulillah, untuk Ramadhan tahun ini hari sabtu tanggal 29 Agustus 2009, acara buka bersama yang kembali melibatkan anak-anak bantar gebang, berikut bagi-bagi sembako dan bingkisan lebaran telah selesai. Salut sekali lagi buat teman-teman yang udah cekatan nge-goal in ini acara, di sela kesibukan kantor dan letihnya puasa. Tahun ini, buka bersama kemarin pun, tak hanya ajang berkarya tapi juga bersilaturahmi bagi keluarga besar elte. Cukup komplit wajah elte kemarin. LaaTahzan junior ternyata udah banyak. Hehe...Selamat buat elte...sukses nih untuk Sahur on the Road tanggal 5 September 2009 besok..(aku absen).



(beberapa gambar di comot dari hasil jepretan Mas Dhani-nya Ka Intan..siapakah beliau? hehe..)

10 comments:

tia@gpl said...

Lin, poto anak-anak di angkot itu lucu tuh buat lomba ING Poto contest

Ka-el said...

Boleh juga tuh idenya..ntar gw kirim deh ke foto contest. lo menangin ya..haha..lo kan jurinya..

Agni Giani said...

ini seru sekali elin...
salam yah buat anak2nya, cupcup dari saya ;p

linda-linzy said...

waah,, mengingatkan waktu jaman kuliah,, buka sama orphans...
lucu2 anaknya... polos2... bodor...

Life in Adorable (L.I.A) Fab Story said...

KL...dah nyampe??? ngerasa gatel2 gak badannya???? Jadi bahan pergossipan nih antara gw en megskie...sorry ye lupa nganter...alasannya baca di blog gw..padahal gw dah make cawet tuh..huahhaa..*gubrak*

Ka-el said...

@Agni..emang anak2nya lugu-lugu..dan juga semangat belajarnya tinggi..

@linda..lanjutkan!! (setelah kuliah maksudnya)

@LIA...udah..whew..sekilas mirip2 sama abudhabi..pantesan gw gak bsa tidur..dijdiin bahan gossip ya..hehe..

linda-linzy said...
This comment has been removed by the author.
Lifeofesra said...

elinski...., how r youu....?
Di update dunk blognya...biar bisa ditebak loe disana bahagia atau nggak...hehehehe

Ka-el said...

@ UNI ..aku di lupakan..(tak ingat klo the-great-future-uncle nya brangkat),,

Lifeofesra said...

maap...maklum lagi hamil...(nyambung nggak ya:p).
Harus di baik baikin nih uncle el nya...
Biar dapet quinni or bugaboo
teuteup....