April 5, 2009

Crocodile Certification


Being a stranger in a new place is pathetic. Terutama setelah menetap 6 bulan lebih di satu tempat tapi temen-temen lu masih bisa diitung jari, itu cukup membuktikan how pathetic I am. Ok-ok, jangan salahkan bawaan gw yang cenderung pendiam, not cool, nerdie..haha tapi salahkan ke-gak-canggihan gw untuk mingle a.k.a antisocial me. Atau klo temen gw bilang; autis akut (baca; ga gaul pisan).
Nah ini dia, kebiasaan di workshop (kantor gw di balikpapan), kalo makan orang kumpul di kantin. Gw jadi inget banget adegan-adegan film "high school" kalo pas makan siang, tiap pojok meja seolah udah ada tanda-nya milik genk siapa, milik club apa. Dan anak baru pasti bingung mo duduk dimana, dan di kasus ini, gw adalah anak baru itu, tak ter-peta-kan di meja mana pun. Apalagi segmen kerja gw yang minoritas cuma 4 kepala dan kdang g makan siang, ngebikin gw bingung harus mingle ke yang mana.
Gw pernah coba satu meja ama Geng finance dengan keceriaan-nya dan joke-joke yang sangat finance-pisan, fantastis!! dengan ke-nggak-ekonomi-an gw, gw jadi autis..cuma bisa nyengir dan ngakak tapi nggak ambil peran apa pun dalam obrolan mereka, selain praktis jadi ngakak-ers alias partisipan.
Pernah juga am genk-cover-all biru; ini oke-lah. Isinya satu meja para teknisi LAB, operator, specialist yang klo ngobrol canggih-sedikit-garink tp gw msh bisa nyambung, tapi masalahnya gw satu-satu-nya yg gak pake cover-all, ngebikin gw serasa jadi turis di meja makan.
Genk manajer. Ugh lupain deh duduk disini, yang ada cuma grogi, jayus, jaim..
Oke-lah gw g usah sebutin terlalu banyak genk..tpi kurng lebih begitulah peta kantin makan siang.

Nah minggu kemaren, tiba-tiba seperti biasa gw lost lagi, gw makan siang agak telat, dan kantin udah terpeta-kan ke-genk-annya, dengan ke-kuatan genk yang gw kurang lebih udah tau. Seperti biasa gw bingung, sampai akhirnya gw nemuin satu meja isinya Cewek-cewek-ABG-ers (gw tebak sih engineers muda ya..seniority bbrpa taun gitu; high motivation punya), dan kebetulan salah satu gw kenal. Akhirnya gw coba join ama mereka..toh niatnya juga cuma quick lunch. Somehow, kaya-nya mereka juga g peduli dengan kedatangan gw, jadi mereka tetep heboh dengan joke dan tipical lunch gossip, seperti:

"...eh lu tau kan kalo hair extension lama-lama bisa tumbuh?", kta salah satu dari mereka.
"Masa sih?!", salah satunya ada yang bingung

(Mana mungkin dalam hati gw, ugh...gw yang oon atau emang teknologi zaman skarang secanggih itu...gw bingung kenapa mereka bisa segitu kebigungannya..rambut kan mati, mana mungkin!!)
Tapi gw tetep pasif g mau nimbrung, cuek lah; just grab a quick lunch..ngapain pula komentar ga penting.
Dan..bla..bla..bla....

Sampai akhirnya pas gw udah mo kelar makan..(mau g mau gw komentar, stelah slama 15 menit lebih jadi kacung congek, akhirnya ada juga topik yang nyambung, mereka ngomongin Quest), awalnya gini:

"..kok bisa si XY deketin lu B...dia kan mantan gw, gak banget deh, dasar cowok", kata si A (klo ga salah), A adalah salah satu dari mereka.
"..eh di sini ada cowok ya...so be careful", kata temen gw, si B, (cuma dia yg gw kenal)..gw cuma nyengir dan pura-pura gak denger.
"..sorry ya Mas..", kata temen gw, si B.
"..biasa aja kali" (kata gw sok iye).
"..Tapi emang dia( cowok-XY) aneh banget, udah tau gw (A) temen deket am lu (B), masa masih ngejar-ngejar lu (B), gile gak sih...pasti dia udah ngambil crocodile certification level 3 di Quest-nya, jadi kayak gini deh", kata si A.

"..Iya, lu berdua (A dan B) kayaknya masih level-1 crocodile certification lu-lu pada, makanya kalah ama dia", kata si C.

Gw mulai bingung..perasaaan tadi ngomongin mantan cowok si A, yang nembak si B, sementara si A dan B temen deket, gilee....nekat juga ni cowok (gw pikir)...tapi kok ada sertifikasi crocodile pula..sejak kapan kerja di delta mahakam harus pake sertifikasi crocodile segala, apa gara-gara delta mahakam rawa-rawa? (pikir gw dalam hati).. mungkin jg sih, soalnya ada sertifikasi malaria. Bisa jadi ada, tapi karena gw kerja di office, jd gw ga tau. Akhirnya gw nimbrung..

"Gw gak diharusin ngambil tuh kayaknya crocodile sertifikasi itu, gak ada di Quest gw", kata gw sok iye.

"Oh ya?!", kata si A, sambil yang lain tiba-tiba ngeliat ke gw, seolah-olah baru nyadar kalo gw sbenarnya duduk bareng mereka, tatapan merka setengah bingung, setengah mengasihani.
"mungkin karena gw office based", kata gw.

Mereka tambah ngeliatin gw sambil senyum, bbrapa bahkan gigle..(tp ga ada yang ketawa). Silent sebentar. Sampai akhirnya gw bingung sendiri.
"What?", kata gw.

"Mas..maksudnya sertifikasi buaya...buaya darat!!", kata temen gw.

Dan gw baru nyadar kalo ke situ nyambung-nya. Dan mereka semua bursting ketawa ngakak abis2an...Left me in pieces...with humiliation...(well basically, I did humiliate myself). Bravo!! What another creep lunch time!! Sigh..

I miss my mak-si CP club in Jakarta. It feels different somehow the joke here..

16 comments:

Anonymous said...

lagi lagi baca kelebaian lo yg lain..

hehe, gimana oom? ada progress?


-mg-

Ka-el said...

@mg-ski. Haha..trademark gw ituh. ..lu kyk bos gw aja nanyain progress..GFE padat merayap nih...(ga gong?! atau pura2 g konek).

Life in Adorable (L.I.A) Fab Story said...

huaahhahaa....gubrak....geli ampe ke kaki...malu2in geng maksi CP aja nih...mulai besok gw transfer pangse kesono deh buat beliin makan tiap siang....

Ka-el said...

@LIA. Sialan loh..gini2 udah berusaha exist..eh malah ketiban KO telak..nazeeb..

aGni said...

ngakak guling guling
ya Allah...ya Allah...
sehabis ini, kalau saya cerita k abg-abg lain...pasti mereka akan sedikit tertohok...dan...
lunch berikutnya mungkin si mas ini yg bakal jadi objek rumpian...hakhakhak...

hehehe......
hayuk atuh kita maen lg k XXI biar kadar autisnya sedikit berkurang v^.^

Ka-el said...

@aGni. Be nice to me ya...huadduh kyaknya gw bakalan g makan siang lagi deh :) maluu...sumpah...hayuk2 nonton lah..sapa takut..

aGni said...

tp ternyata td msh lunch, satu meja lagi...hihi...
;p

Ka-el said...

@aGni..hahaha....asda2 sajah..

No longer active said...

Wakakakakakaa.......

Ka-El...gw serasa baca "NgupingJakarta.blogspot"..Gubrak daaaah..

Dasar Buaya... Masih suci kali buaya nya..kakakaka

Ka-el said...

@andar..bukan gw kan maskudnya yang buaya..elu tuh Ndar!!.

filla said...

elin, g sngaja fil landing di fbnyah terus nyampe deh ke blognya..,

ada-ada aja si bapak inih... ceritanya...

sukses terus ya..

^_^
filla

Ka-el said...

@buat Teh Filla..mudah2an landingnya soft ya..nggak grass landing..hehe..aamiin...makasih, sama2 sukses juga..semoga sehat2 selalu keluarga..buat Arkan juga :)

Lifeofesra said...

huahahahahaha.....
huahahahahaha.....
udah lama gue nggak ketawa ngakak di kantoooor gue
hihihihihihi

liiiin...pinteran dikit kenapa...;p
Katanya cum laude

Ka-el said...

-Uni..On the way ...ntar gw ngambil master degree buat urusan begnian..

Anonymous said...

bisa dapet ilmu gratisan dunks kalo sering2 bgaol ama geng finance,biar pas GFE gag susah2 muter otak buwat analisa laporan keuangan... dudududu;p

Ka-el said...

Ini pasti orang finance nih..ah gw g tau sapa jg..anon soalnya..iya tentunya!! Btuh nasehat dari para expert finance inih ..oh..no..GFE (bisa di skip aj g sih)..