October 20, 2008

Paman Kacang Minta Maaf





Gilee..gua tambah tua.

Bener banget, tapi kelakuan masih kaya gini aja...Menjelang detik2 hari kelahiran gw (versi KTP), sedikit banyak mata gw melihat ”tak hanya kulit tapi juga isi kacang” diri gw sendiri. Kayaknya kalo peribahasa tentang kulit kacang itu masih berlaku, kyaknya gw bak tanaman kacang gagal panen, ”kences: sunda” alias gak ada bijinya.

Betapa enggak, melihat ke sekililing...makhluk2 kecil itu bermunculan. Dari mulai ponakan, ponakan nya punya adik, sampai temennya ponakan juga punya adik...sampai ”ponakan setan”...pun akhirnya hadir juga. Sementara aku masih di sini-sini saja.

Dari mulai dipanggil ”paman”...sampai akhirnya ”om”....

Di kesempatan ini (ceritanya masih masa2 lebaran nih), gw mo minta maaf sama kalian semua yang TERPAKSA secara gak sengaja terlahir dan mengenal makhluk seperti gw dan terpaksa harus manggil gw ”Om” atau ”paman”....

”Daffa” ...maaf karena ”mang ain”mu ini sampe sekarang tidak pernah ngasih kamu uang jajan, saking kamu sudah tau ”mang ain” ini gak akan ngasih kamu jajan (apalagi untuk es krim), kamu sama sekali nggak ngeluh minta jajan pas kemarin nganterin mang ain ke bank..padahal disitu banyak yang jualan es krim. Mang ain cuma pengen kamu bisa lebih banyak makan betulan dibanding jajan.

”Daffa”...maaf karena ”mang ain” kmaren tidak kuat menahan ketawa pas kamu salah membaca terjemahan surat Al Falaq, pas mang ain ajarin kamu ngaji... padahal kamu sudah bilang kalo di mesjid cuma belajar baca arabnya saja..tidak dengan artinya. Mang ain cuma pengen kamu mulai sedikit mengenal al qur’an bukan saja hanya membaca...karena kamu kini sudah 6 tahun.

”Zeze Azil”..maaf karena meski kamu belum genap 2 tahun, ”mang ain” tidak pernah belikan kamu mainan, semua oleh-oleh selalu buku dan buku. Mang ain ingin tangan kecilmu itu terbiasa dengan warna, bau dan rasa buku...karena membaca adalah utama bahkan untuk orang paling mulia sekalipun.

”Zeze Azil”...maaf karena ”mang ain” tak suapin kamu, ngebiarin kamu makan berantakan..karena mang ain ingin kamu mulai belajar makan dengan tangan mu sendiri..padahal mang ain tahu kamu lapar sekali.

”Ose...Yeyen...Ayang...De Nana..De Iki..Ujan...Ofan”, maaf karena mang ain sering melarang ini dan itu...menyuruh kalian selalu gosok gigi sbelum tidur...memaksa kalian makan....dan memberi syarat menyelesaikan makan sebelum bisa main.....padahal mang ain sendiri jarang main bersama kalian...karena mang ain terlalu kaget dengan betapa cepat besarnya kalian...padahal serasa kemarin kalian semua serasa sebesar ”Zeze Azil”.

Ini yang terakhir...”Dede Khayra”..maaf kalo aku panggil ”PoSe”, kamu sama sekali tidak pantas di panggil itu. ...”Dede Khayra Nareswari Tabina", maaf kalo tiba-tiba orang asing ini membisikan beberapa ayat di tidur nyenyakmu...hanya karena "om" yang mamy-mu panggil "Ase=Adik setan" ini mengenal mamy dan abah mu dengan baik.....bisikan dengan suara yang jauh dari merdu...itu adalah fitrahmu...fitrah kita semua....semoga kamu selalu dilindungi oleh yang menciptamu..sehat selalu dan tumbuh menjadi anak yang shalehah layaknya khadijah..layaknya fathimah...layaknya aisyah...layaknya asia...layaknya maryam...

Yah..semoga kalian semua tumbuh tidak seperti "paman" atau "om" kalian ini...kalian menjadi tanaman kacang berisi ..yang isi nya kemudian menjadi bibit untuk musim tanam berikut nya...dan berikutnya lagi...

Dari Satu Hari Saja


6 comments:

Life in Adorable (L.I.A) Fab Story said...

Bagaimana dengan Dek Lia..Dek Mega..?? Yang gak pernah dianterin shopping lagi....nonton di 21 ato Blitz lagi....
*sigh*

Lifeofesra said...

hihiihihi....
Kalo mega dan lia dipanggil dek...gue juga mau dunk...

Ka-el said...

Hallah..kalian para "long distance"ers...(termasuk Uni dong..."long distance"ers jg sekali-kali hehe)...gak cocok d panggil "dek", liat tuh di foto2 nya..lucu2, kalian? --sigh jauh..jaooh....yg gua heran Uni..kan udah biasa dpanggil "dek" dgn m*sra sama "Kakak F**n"...ngapain jg minta dipanggil "dek" ama gw...

intan said...

terharu, hiks..

Anonymous said...

mb intan terharu ya kita dipanggil dek ama "mang ain" ?..


-mg-

Ka-el said...

@intan: KaIKD :) bentar lg aku dpt ponakan baru nih dari dirimu, xixixi (Ge-R..minta di aku-i sebagai paman..)

@-mg- eh pelis ya..kapan pula gw manggil lu2.. "dek"..